Posted by: pikir | July 22, 2007

Jalur berdebat


 

Menulis membuatku lebih paham, bahwa menulis itu juga sebuah kepandaian. Dalam sebuah tulisan ada usaha pengeditan pribadi dari penulis itu sendiri, berpikir apakah tulisan itu baik atau tidak, pantas atau tidak, bisa menstimulus dan memprovokasi orang atau tidak, tergantung tujuannya, apa maunya.

 

Jadi yang diinginkan penulis dalam sebuah tulisan ada juga yang tak tertulis sebab hal tersebut. dan dalam penulisan itu. tulisan juga dipengaruhi oleh tata bahasa pasaran yang kita pakai sehari-hari yang bukan tata bahasa tulisan. Tulisan oleh penulisnya juga mempunyai konteks tersendiri, dan ketika tulisan dibaca oleh pembaca, pembaca pun mengkaitkan tulisan tesebut dengan konteks dunianya sendiri.

Kata orang penulis itu mempunyai konteks tersendiri, tulisan punyai dunianya sendiri, dan pembaca pun mengkonteks kannya dengan persepsi dan dunianya sendiri. Dari situ lah makanya terjadi perbedaan tafsir akan sebuah tulisan atau teks.

 

Yang hebatnya kan, di dunia kita ni, kita sering menyalahkan tafsir orang lain. merasa paling benar yang mungkin disebabkan perasaan dan kepercayaan diri tinggi bahwa aku yang paling pandai dan paling berhak menginterpretasikan secara tepat. Keegoisan.

 

Untuk mengetahui yang paling tepat, paling benar dan paling ideal itu sebenarnya bagaimana. Mungkin saja dengan paling-PALING. Sering kita liat perdebatan dan orang-orang berdebat , dan kita juga,  menyalahkan pendapat orang lain. padahal kan setiap pendapat mempunyai jalur pemikirannya sendiri. Ada yang jalur sempit, ada jalur bodoh, ada jalur pandai dikit, jalur tol, dan jalur rasional atau jalur tahyul. Yang pintar pernah berkata; tidak ada yang paling asyik, selain dunia yang penuh sesak dengan pemikiran. Mungkin kita hanya perlu toleran dan aku sedang mendidik diri sendiri dengan tulisan ini.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: