Posted by: pikir | June 17, 2007

Aku berpikir, maka aku ada.


 

 

 

 

Descartes pernah berkata; i think, therewere i am (aku berpikir maka aku ada),

Tapi aku punya kutipan sendiri yaitu; aku berpikir maka aku bingung.

 

Bingung adalah suatu kondisi dimana manusia merasa ketidak mengertian atau belum menemukan suatu jawaban atas suatu situasi atau permasalahan. Bingung sebenarnya merupakan sebuah anugerah tuhan yang sangat besar yang diberikan Tuhan kepada kita sebagai manusia., bingung menyadarkan kita bahwa banyak yang ada di alam ini yang belum kita pahami, masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang belum pernah kita dengar dan masih banyak pula yang dari pertanyaan-pertanyaan itu yang belum tahu pula kita akan jawabannya -plato mengajarkan kita hakikat sesuatu itu bisa diketahui atau didapat melalui pertanyaan dan jawaban (dialog)-

 

Dalam sisi positifnya, bingung bisa memancing kita untuk berpikir keras dan membiasakan kita untuk berpikir sistematis. berpikir sistematis membuat kita memeriksa semua keadaan yang melingkupi kebingungan kita, kausalitas serta kondisi dari kebingungan itu. dan dari berpikir sistematis itu biasanya kalau tidak membuat kita tambah bingung, kita akan mendapatkan jawaban dari kebingungan kita tadi, atau bisa juga juga tidak dapat pemecahan sama sekali tapi dapat bingungnya.

 

Namun berpikir sistematis bukanlah berarti tak bermanfaat. Kita perlu berpikir karena berpikir itu berguna, dan kita harus berpikir karena kita manusia, dan hanya manusialah yang mampu berpikir. Berpikir membuat kita merinci-rincikan semua masalah yang sedang kita bingungkan tersebut, berpikir dapat mengarahkan dan menemukan kita akan banyak alternative-alternatif, meskipun dari alternative tersebut kita harus saring yang mana yang paling realistis.

 

Berpikir mengingatkan saya kepada filsafat, Sewaktu pertama kali membaca buku filsafat, saya cukup kaget sebenarnya, karena saya baru tersadar bahwa didunia ini ada banyak sekali macam cara berpikir selain cara berpikir nya aa gym dan cara pikir Norman v peale-wah saya benar-benar ketinggalan(jadi malu saya)-. Saya banyak takjub dengan pemikiran para filsuf itu seperti plato, ibnu sina, Thomas Aquinas dan kant (pemikir Indonesia sebenarnya juga banyak sekali yang hebat-hebat).  Mereka sudah mengajarkan banyak pemikiran-pemikiran baru dibenak saya tapi mereka juga sudah memberikan kebingungan-kebingungan baru kepada saya. Namun karena buku yang saya baca ketika itu adalah buku filsafat dan memang mengajarkan tentang pemikiran, ya sudah akhirnya saya ikut-ikutan berpikir juga. saya juga pernah mengalami beberapa hari full berpikir karena ada kutipan-kutipan mereka yang mengganggu pemikiran yang sudah mapan di otak saya.

 

Berpikir membuat kita mempertanyakan kembali cara berpikir kita, berpikir juga seperti permainan dimana kita bermain-main dengan otak kita,  dengan berpikir berarti kita tidak menyia-nyiakan anugarah yang paling mulia yang sudah diberikan Tuhan kepada manusia.

 

Berpikir panjang seringkali membuat kita bingung, jawaban dari sebuah pemikiran pun kerap membuat kita bingung.

bingung adalah sebuah kondisi alamiah yang ada pada setiap makhluk Tuhan dengan kekhasan nya masing masing. Kebingungan sapi ketika mencari rumput tentu saja tidak sama dengan kebingungan kita ketika mencari warteg yang murah. Yang tak pernah bingung cuma lah Tuhan.

 

Jadi bingung adalah sebuah prilaku yang ekslusif yang dikasih Tuhan cuman untuk makhluk-makhluknya, jadi nikmati saja.

 

Nggg….tapi jangan keterusan ya.


Leave a Reply

Categories

