Posted by: pikir | June 17, 2007

Akal

Akal

 

Akal selalu minta untuk otonom, akal selalu enggan untuk dikungkung dalam suatu pengkotak-kotakan. Pemikiran.akal berkorelasi ke hati, dan hati pun merasa miris, kenapa harus terkungkung. Akal menjadi pasif, akal ketakutan untuk berkreasi.

 

Akal menjadi beku dan kaku, ketika akal terkungkung dan melihat realitas alam yang berbeda, akal bingung sehingga akal pun mencari jalan pintas dengan memisahkan suatu partikel dengan partikel yang lain, padahal dalam koneksitas partikel tersebut, mereka adalah sebuah integritas dari realitas.

 

Akal beku karena pemahaman yang kaku, pemahaman seringkali berasal dari sebuah pengajaran  dari pihak external. Padahal pemahaman external dari orang lain yang bukan merupakan diri kita adalah sebuah pendapat pihak tersebut tentang sebuah objek, bukan objek itu sendiri.

Mengklaim pemahaman terhadap objek sebagai kemutlakan suatu yang benar adalah bisa merugikan objek yang sebenarnya benar. Apalagi jika klaim yang berlainan dikatakan sebuah kesalahan, seolah yang benar hanya berasal dari anda dan aku salah terus.

 

Kritis dianggap tak pantas namun tanpa kritis kemajuan berarti benar-benar mengarah kepada keberhentian.

 

Akal adalah daya karya yang menghasilkan kerja, akal awal dari semua bentuk aplikasi kemajuan pengetahuan dan teknologi yang ada sekarang.

 

Semuanya berasal dari kepala, Tuhan memang kreatif sekali dengan memberi manusia akal.

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: